Minggu, 17 April 2016

Luar Biasanya "We Care" di Tangan Management Trainee KSM






Sebagai upaya mematangkan program Management Trainee dan melihat komitmen Calon Fungsionaris Kelompok Studi Manajemen 2016 – 2017, Rian Isdianto Salean selaku Ketua KSM menginginkan dua kegiatan kontributif yang mendorong para Management Trainee untuk aktif dan membiasakan diri dengan terlibat dalam kepanitiaan.

Dua kegiatan besar yang menjadi kesepakatan bersama antara fungsionaris dan calon fungsionaris KSM ialah Kegiatan Pengenalan Lomba dan Pengabdian Masyarakat. Kegiatan Pengenalan Lomba bertema “Change” pada 12 Maret 2016 telah sukses menjadi bagian dari Open House-Maba Wajib LK di bulan Maret, diketuai oleh Yunita (Manajemen 2015). Antusiasme peserta-pun terlihat positif setelah beberapa mahasiswa Manajemen FEB UKSW berminat mengikuti berbagai lomba bergengsi yang mampu mengangkat nama besar almamater.

Program Management Trainee ini berlangsung selama 2 bulan, Februari hingga April.




Pada 10 April 2016 ketika waktu menunjukkan pukul 09.15 WIB, saat itu dua orang perwakilan dari Business Secretary Program, Mamik Rahayu dan Yulinda Ika (Sekretari 2014), serta perwakilan dari BPMF Nabila Fitri Rosalia (Sekretari 2015) sudah berkumpul bersama beberapa Management Trainee yang merupakan panitia kegiatan “We Care” di depan Gedung FEB UKSW. Mereka disambut oleh Ketua Panitia acara tersebut, Anastasia Dian Cahyaningrum (Manajemen 2015), lalu dilanjutkan perjalanan dari kampus menuju Panti Asuhan Dharma Bakti di Jalan Ki Penjawi Salatiga.

Sesampai disana, sudah banyak MT maupun fungsionaris KSM yang sedang mempersiapkan perlengkapan untuk kegiatan yang akan dimulai pukul 10.00 WIB tersebut. Sebelum kegiatan dimulai, seluruh panitia, fungsionaris KSM, anak-anak panti beserta undangan makan pagi bersama sambil berkenalan satu sama lain. Ibu Wahyu, selaku pengurus Panti Asuhan Dharma Bakti membuka kegiatan dengan memberi kata sambutan dan dilanjutkan dengan Ibadah Pagi yang diikuti oleh seluruh panitia, fungsionaris KSM, anak-anak panti dan para undangan, dan agama lain menyesuaikan.

Ibadah Pagi diawali dengan menyanyikan lagu-lagu rohani, yang dinyanyikan dengan penuh semangat dan khidmat oleh seluruh peserta yang dituntun oleh pembawa acara Lala Amelia dan Handi Wijaya (Manajemen 2015). Setelah itu, Ibu Hani Sirine S.E, MM, salah satu dosen FEB UKSW yang juga diundang untuk memimpin ibadah pagi, melanjutkan dengan pembacaan salah satu isi Firman Tuhan yang terdapat di Alkitab. Yesus tertidur di dalam kapal yang sedang diterjang badai, murid-muridnya membangunkannya, dan Yesus menjinakkan badai tersebut dan badai itu pun reda.

Kutipan tersebut mengajarkan kepada kita apakah artinya kata “Peduli” yang sebenarnya, sesuai dengan tema kegiatan. Selain itu, kita mengetahui bahwa dalam hidup itu sering sekali ada rintangan hingga membuat kita lemah tak berdaya, begitu pula hal yang sama pasti juga terjadi pada orang lain. Oleh karena itu, selagi kita masih mendapat berkah dan rejeki dari Tuhan, pergunakan juga untuk orang lain, jangan hanya untuk diri kita sendiri. Kita juga jangan hanya mengingat Tuhan pada saat susah, melainkan setiap saat, baik senang ataupun susah, kita perlu mengingat Tuhan selaku pencipta alam semesta dan yang selalu mengasihi kita.

Pergantian sesi kegiatan dipimpin oleh pembawa acara Theresia Mendes dan Andy Yudha Pratama (Manajemen 2015) yang menjadi tanda berakhirnya ibadah pagi bersama sekaligus pembuka sesi berikutnya dengan mempersilakan  Ketua Kegiatan untuk menyampaikan sambutan.

Sylvia Chandra (Manajemen 2015) selaku koordinator acara melakukan pembagian kelompok untuk outbond dan talent show melalui kedua pembawa acara tersebut. Beberapa outbond di antaranya permainan memindahkan air dengan gayung bertali, memindahkan air dengan gelas di atas kepala, memindahkan paku ke botol dengan tali yang diikat ke tubuh, serta estafet bola dengan tali rafia, kemudian ditutup dengan permainan voli air yang dimenangkan oleh Kelompok 2 dilanjutkan dengan perang air. Adapun setiap kelompok talent show terdiri dari campuran fungsionaris KSM, Management Trainee dan anak – anak panti.

Kegiatan dilanjutkan dengan makan siang bersama dan istirahat sejenak. Setiap kelompok diberikan waktu 30 menit untuk persiapan talent yang akan ditampilkan. Talent show yang ditampilkan mulai dari Parodi lagu anak-anak, Indonesia Mencari Bakat, Lipsync, dan Parodi Sambalado, yang pastinya mengudang tawa dari fungsionaris KSM, Management Trainee dan tentunya anak – anak panti. Setelah penampilan talent setiap kelompok selesai, dilakukan pembacaan nilai setiap kelompok.

Terdapat dua kelompok yang mempunyai nilai sama, yaitu kelompok 6 dan kelompok 4. Masing-masing satu orang perwakilan dari kelompok tersebut menampilkan talentnya masing-masing. Lalu diumumkan pemenang kelompok, Juara 3 dipegang oleh Kelompok 6, Juara 2 dipegang oleh Kelompok 4, dan Juara 1 diraih oleh Kelompok 2.

Tak mau kalah, anak-anak panti Dharma Bakti menunjukkan bakat bermusiknya dengan memainkan alat musik kolintang seperti lagu “Gundul Pacul”, “Yamko Rambe Yamko”, dan lagu daerah lainnya.

Pemberian sembako oleh Ketua KSM 2015-2016, Rian Isdianto Salean dan Ketua BPMF 2015-2016, Agnes Yohanna, diikuti oleh penyampaian ucapan terima kasih dari Bu Wahyu selaku pengurus panti. Kegiatan diakhiri dengan bersih - bersih panti oleh seluruh panitia dan peserta.

Sebagai informasi, Management Trainee telah berusaha keras mengerahkan seluruh tenaga dan pikirannya untuk keberlangsungan kegiatan tersebut. Tidak melalui cara instan, mereka memilih mengumpulkan dana melalui usaha dana makanan besar pre-order dan menjual pakaian masih layak pakai di pasar pagi. Memang perjuangan yang sangat luar biasa !




Oleh : Yunita (Management Trainee, Manajemen 2015)
Disunting oleh : Sinta Vega 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar