Minggu, 01 Mei 2016

Joger Ajak Evolution Ikuti 'Garing'




Economic Visits of Local Industries to Improve Professionality disingkat Evolution, merupakan kegiatan non-terstruktur Kelompok Studi Manajemen periode 2015 – 2016 berupa study tour ke Bali diselenggarakan pada 19 – 23 April 2016 yang diketuai oleh Mesakh Prihanto Surya Putra – Manajemen 2014.

Bertolak dari Hotel Green Villas, Jalan Dewi Sartika Nomor 1 BB Tuban – Bali, kegiatan Evolution ditutup dengan kunjungan ke salah satu perusahaan ternama se-antero Bali, Pabrik Kata – Kata Joger. Dengan mengenakan almamater, peserta Evolution disambut hangat oleh keluarga Joger di aula lantai dua sayap kiri gedung yang beralamatkan di Jalan Raya Denpasar – Bedugul KM 37,5 Kabupaten Tabanan tersebut.

Mr. Armand S Wulianadi alias Mr. Joger Junior menyampaikan materi kepada peserta dengan gaya khas beliau yang tegas namun suka bercanda. Jika dikalimatkan “Kalau iya ya iya, kalo enggak ya enggak”. Materi yang disampaikan pun sangat dekat dengan dunia manajemen dalam teori, yang dipraktekkan secara apik oleh Joger.

Ibu Hani Sirine, SE, MM selaku pendamping kegiatan, antusias dengan setiap materi dan lelucon yang disampaikan oleh putra dari Mr. Joseph Theodorus Wulianadi, nampak beberapa kali dosen Manajemen Operasi tersebut langsung menanggapi dengan pernyataan dan pertanyaan disertai tawa khas yang juga  mengundang tawa dari peserta.

Dalam sesi tersebut juga dihadirkan rekan bisnis yang telah bekerjasama dengan Joger selama delapan tahun di bidang produksi. Usaha yang berdiri mulai tahun 1980 itu pun memang memiliki standar kualitas yang tinggi sehingga mendorong rekan bisnis di bidang produksi harus lebih berhati – hati dalam membuat pesanan, karena barang yang tidak sesuai standar akan dikembalikan.

Pabrik Kata – Kata yang berfokus pada konsumen dalam negeri tersebut memiliki ‘Garing’ yang merupakan singkatan dari Tiga Piring. Garing merupakan sekumpulan orang - orang waras yang sangat suka berbuat sosial membantu sesama yang memang benar - benar pantas, perlu, dan mau menerima bantuan kami secara wajar (tidak kurang ajar), tapi sangat tidak suka dituntut apalagi dipaksa untuk membantu para pemalas maupun preman yang arogan (dikutip dari Laman Facebook Joger). 


Memang untuk kunjungan, Joger mewajibkan pihak yang berkunjung (bukan berkunjung untuk belanja yaaa) menyerahkan sejumlah uang secara simbolis yang langsung dikembalikan kepada panitia pelaksana ditambah bingkisan berupa kaos ‘wajib’ Garing. Uang dan kaos tersebut harus diserahkan kepada orang yang dirasa berhak mendapatkannya. Melalui ‘Garing’, Joger sering membantu sesama. Begitupun kami dilatih untuk mengikuti jejak mereka.

Pada 30 April kemarin, Mesakh dkk menyerahkan sejumlah rezeki yang sudah diamanatkan, kepada Kakek yang ditemui di daerah Kalisombo, Salatiga yang berprofesi sebagai pencari kardus. Senyum bahagia sang Kakek menjadi suatu kelegaan bagi kami, semoga berkah.




Banyak sekali hal bermanfaat yang disampaikan oleh Mr. Armand yang dapat dijadikan bahan pemikiran lebih lanjut maupun referensi untuk peserta Evolution. Semoga ilmu yang didapat dapat bermanfaat untuk diri sendiri dan sesama di kemudian hari, Amin.

Good Morning Selamat Pagi. Baju Kuning Menarik Sapi. Kalau tidak ada sapi ya sapu. Kalau tidak ada sapu ya jangan nyapu dulu #Jogerjelek



            Terimakasih Pabrik Kata – Kata Joger J







2 komentar:

  1. good lain kali lebih sosial lagi donggg

    BalasHapus
  2. Semoga saja kak, sudah didukung dengan struktur organisasi KSM yang baru, thanks btw sarannya :)

    BalasHapus