Jumat, 07 Oktober 2016

Sembilan Delegasi Kelompok Studi Manajemen Ikuti 'Management Conference'

Pendelegasian
Management Conference yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manejemen Universitas Diponegoro pada 2-4 September 2016 di Balai Diklat Provinsi Jawa Tengah mengusung tema “Youth Role in Developing Creative Economy”, diikuti oleh sembilan perwakilan fungsionaris HMP Kelompok Studi Manajemen UKSW di antaranya
David Kristanto (2014), Sinta Vega R S (2014), Theresia Angelina M (2015), Sylvia Chandra (2015), Claudia Bunga Mega (2015), Yunita (2015), Anastasia Dian C (2015),  Angga Yudha S (2015) dan Willy Setiawan H (2015).

Mind Mapping dan Forum Diskusi
Seluruh peserta Management Conference yang kurang lebih terdiri dari lima puluh mahasiswa se-Indonesia dibagi dalam sepuluh kelompok acak. Peserta dituntut membuat mind mapping mengenai peran pemuda dalam Ekonomi Kreatif dan mempresentasikan hasil diskusinya di depan peserta lain, panitia, moderator maupun panelis. Dalam forum tersebut, setiap kelompok memberikan penjelasan secara bergantian mengenai hal-hal yang dapat dilakukan pemuda Indonesia saat ini untuk menumbuhkembangkan industri ekonomi kreatif, disusul dengan memberikan kesempatan kelompok lain untuk bertanya. Banyak pengetahuan, saran, ide, pemikiran maupun terobosan yang dipresentasikan oleh masing-masing kelompok yang menjadi tugas untuk dapat direalisasikan.

Materi
Peserta mendapat materi seputar UMKM area Semarang dan Jawa Tengah dari Dra. Litani Satyawati selaku Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang serta bersama-sama dengan semifinalis Diponegoro Business Case Competition, peserta mendapat materi dari Bapak Idris SE, MSi selaku dosen FEB Undip dan M. Yukka Harlanda selaku CEO Brodo Foot Wear.

Field Trip
Untuk mengenalkan pariwisata di kota Semarang, peserta Management Conference juga diajak mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah dan wisata bangunan tua yaitu Lawang Sewu. Di Lawang Sewu, peserta ditemani oleh guide yang menjelaskan sejarah maupun informasi-informasi penting mengenai bangunan peninggalan Belanda tersebut. Field Trip dilaksanakan mulai sekitar pukul 17.30 dan diakhiri pukul 21.45 pada 3 September 2016.

Seminar dan Talkshow Enfution
Seminar dan talkshow yang menjadi puncak kegiatan dari DBCC maupun Mancof mengusung tema “Youth, Innovation and Inspiration” dilaksanakan pada Minggu, 4 September 2016 di Gedung Soedarto Undip. Dalam seminar tersebut, pembicara seminar diisi oleh Rahmat Danu Andika (Head of Business Partner Bukalapak) dan Fransiscus Budi Pranata (Indonesia Best CFO 2013 & 2015 SWA Magazine).
Adapun dalam talkshow, pembicara yang dihadirkan yaitu Danny Syah Aryaputra (CMO of Dagelan), Arief Muhammad (Youtuber dan Entrepreneur) dan juga pembicara yang pernah diundang KSM FEB UKSW pada Talkshow “Dare to be Creative” yaitu Keenan Pearce selaku Co-Founder Makna Creative.

Pulang Bawa Pengalaman

Selain menambah relasi baru mahasiswa dari berbagai daerah, kegiatan Mancof dan Enfution menjadi salah satu bekal belajar untuk memperbaiki diri maupun meningkatkan kualitas dalam kegiatan-kegiatan yang menjadi program kerja KSM periode 2016-2017.



Oleh : Sinta Vega

Tidak ada komentar:

Posting Komentar